Radio Citra Pertanian 103,8 FM


Profil Radio
19 Juni 2008, 7:29 am
Filed under: profil | Tag: , ,

Radio Citra Pertanian didirikan pada tanggal 14 Februari 1990 dengan nama Radio Informasi Pertanian, yang mengudara melalui frekuensi AM 1440 KHz. Namun pada tahun 2001 beralih ke transmitter FM 103.8 MHz, sekaligus perubahan status dengan Badan Hukum Perseroan Terbatas PT. Radio Siaran Citra Pertanian yang berkedudukan di Kompleks BPTP Sulawesi Tengah Jl. Lasoso No. 62 Biromaru Kabupaten Donggala-Sulawesi Tengah.

Siaran Radio Citra Pertanian melalui frekuensi FM dapat menjangkau daerah dalam wilayah kota Palu dan sekitarnya (radius 100 Km2) kecuali pada tempat yang terhalang oleh gunung. RCP juga dapat didengarkan melalui frekuensi SW yang dapat menjangkau pendengar di 8 Kabupaten di Sulawesi Tengah. Kedepannya Radio Citra Pertanian berharap dapat melayani pendengar di Kawasan Timur Indonesia.

Pada tahun 2007, Radio Siaran Citra Pertanian telah melaksanakan kegiatan melalui siaran radio selama 5400 jam selama satu tahun(15 jam sehari). Materi yang disiarkan adalah informasi hasil-hasil penelitian dan pengkajian, informasi pembangunan pertanian di Sulawesi Tengan serta wilayah Indonesia lainnya, informasi umum baik kesehatan,sosial, budaya dan ekonomi.

Alokasi program siaran Radio Citra Pertanian adalah :

  • 50 % Program Pertanian,
  • 40 % program hiburan, ekonomi, budaya dan umum
  • 10 % program layanan masyarakat lainnya.

Salah satu program unggulan Radio Citra Pertanian adalah Fokus RCP, selama tahun 2007 telah dilaksanakan 48 kali program talks show Fokus RCP dengan menghadirkan nara sumber dari berbagai pejabat, tokoh masyarakat, pengusaha agribisnis serta masyarakat lainnya khususnya dari kalangan pertanian, termasuk melakukan wawancara dengan Kepala Badan Litbang Pertanian dan pejabat Badan Litabangtan lainnya.

Radio Citra Pertanian juga telah melakukan kerjasama siaran dengan berbagai pihak, yaitu dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Donggala, Badan Ketahanan Pangan Propinsi Sulawesi Tengah, Pemerintahan Kabupaten Donggala, BP DAS Palu Poso, BKKBN Propinsi Sulawesi Tengah, PDAM, Universitas Tadulako Palu, BP4 Sulawesi Tengah, Balai Informasi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Donggala serta kerjasama siaran dengan Radio Suara Amerika atau Voice Of America (VOA).

Radio Citra Pertanian selain melaksanakan program siaran (On-Air) juga melaksanakan program Off-Air yakni program yang langsung menjumpai pendengar melalui kegiatan-kegiatan sosial, baik itu di bidang pertanian maupun bidang lainnya. Program off-air yang utama dan telah berjalan sejak lama adalah Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Petani Pendengar RCP yang hingga saat ini sudah berjumlah 7 (tujuh) kelompok tani yang terbentuk. Selain itu kegiatan-kegiatan lainnya seperti kegiatan pertandingan /lomba olahraga dan seni tetap menjadi program rutin RCP di setiap momen seperti peringatan hari besar Nasional dan lain sebagainya.


2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Radio Citra Pertanian 103,8 FM
Hai, mitra pertanian
Met! Siaran!
trkait dunia pertanian!
apa segmentasinya sebatas petani, atau mereka yang bergelut di bidang pertanian?
salam kenal dr tazar
See me in http://www.mujahidinfm.com

Komentar oleh tazar

terima kasih tazar.. website radio mujahidfm bagus juga, harus banyak belajar nih sama tazar. 🙂
oia, mengenai siaran kami.. tidak hanya mengenai informasi teknologi pertanian, segmentasinya sih petani oriented termasuk banyak lagu dangdutnya. kalau muhjahidinfm mau ikut menyebarkan dakwahnya bisa juga kita jalin kerjasama non profit dengan mengirimkan CD mengenai ceramah yang pernah Live di radio tazar nanti kami kirimkan juga siaran pedesaan dari radio RCP.

Komentar oleh rcpfm




Tinggalkan komentar